Prosedur penutupan asuransi “Mega Insurance”

Asuransi merupakan salah satu cara pengalihan resiko terhadap seperti : resiko kesehatan, jiwa, kecelakan, penyakit kronis dll. Asuransi menjadi sangat penting karena asuransi bisa menjadi penolong dana dadakan kita. Apalagi biaya pengobatan sekarang ini sangat mahal, dan orang juga jarang bgt melakukan saving untuk dana dadakan dengan nominal yg besar :p

Satu asuransi sebenarnya sudah cukup. Tergantung fasilitas apa yang akan didapatkan jika kita mengikuti program asuransi tersebut. Aku sendiri ada 3 proteksi diri yang tersisa yaitu proteksi asuransi jiwa, proteksi kesehatan(rawat inap, rawat jalan Rumah Sakit) dan proteksi cacat total akibat kecelakaan.

Barusan bgt abis nutup 1 polis untuk proteksi rawat jalan kecelakaan. Aku pikir udah ada lah ya proteksi tersebut. Lagipula polis tersebut men-debet langsung melalui kartu kreditku. Sudah 2 bulan mendebet tagihan tapi polisnya dan sertifikat keikutsertaannya gak pernah dikirimkan pihak bank asuransi tersebut. Berbagai spekulasi mulai muncul deh. Mulai dari tanya sana sini dengan teman-teman yg kerja di asuransi mengenai produk asuransi dan cara kerjanya seperti apa.

Sumpaahh..  susyah bgt dapetin nomer kontek asuransi. Mbok ya buatnya aja maksa-maksa tapi cara tutupnya sulit bgt 😦 akhirnya teman mau bantu anterin ke stand carefour yang menawarkan asuransi dg nama asuransi yg sama. Kebetulan kartu kredit yang saya punya yaitu bank Mega.

Nyari di forum-forum kebanyakan juga mereka mengalami kesusahan untuk penutupannya. Semoga setelah aku posting tulisan ini, bisa bermanfaat bagi yang butuh informasi ini.

Aku gak berhenti sampe situ doang dong, karena sebagai nasabah aku merasa rugi banget membayarkan sesuatu yang tidak aku pakai. Apalagi biaya yang sudah di debet tidak bisa di refund karena tidak ada sistem investasi di asuransi ini. Sayang bgt ya.. Preminya sih kecil. Sebulan 170rb IDR cuman bagi premi di bank Mega itu udah kelas B untuk mendapatkan pelayanan ketika masuk Rumah Sakitnya.

Adapun yang aku lakukan untuk menutup asuransi pada kartu kredit, yaitu :

  1. Telp Call Center Bank penyedia kartu kredit. Dalam hal ini kontak MegaCall : 500010.
  2. Menanyakan jenis asuransi yang kita ikuti dan menanyakan nomer telp dan extension asuransi tersebut.
  3. Telp kontak asuransi Mega Insurance di hotline : 021-79175758 extension 1 untuk pilihan bahasa indonesia kemudian 5 untuk pilihan Telemarketing (karena proses pengajuan asuransiku by phone oleh marketing officernya).
  4. Sabarrr aja ya nunggu telp nya bisa berbicara dg CS nya.
  5. Tanyakan nama CS hal ini jika suatu saat proses kita gak diperbaharui, kita bisa complain dg mengadukan nama CS yg saat ini menerima telpnya.
  6. Setelah telp diterima CS, bicara baik-baik apa keluh kesahnya (agak melas dikit gpp :p ) klo aku sih ngadunya karena udh punya asuransi lain. Trus kemarin main “iya” in aja di telp karena lagi gak konsen. Sampe CS nya memberikan pernyataan seperti ini kurang lebih : “hari ini, tgl xx oktober 2014 polis dg a.n xxxx telah ditutup”. Dan itu artinya kita sudah menutup polis asuransinya.
  7. Tanyakan hal-hal yang kira-kira masih belum kita mengerti.

Klo aku tanya gini : “mbak, cara aku tau klo polisnya udah ditutup atau belum gimana ya mbak?”
Mbaknya menjawab : “bisa dilihat di billing tagihan bulan depan ya mbak”. Semoga memang benar-benar ditutup deh ya.. Hihii..

Semoga bermanfaat 😉