SunCo Year End Gathering 2014, Ajang kreatifitas pecinta Kuliner

image

SunCo Minyak Goreng

Jakarta, Dapur Cikajang(18/12) telah diadakan acara SunCo Year End Gathering. Masih ingat dengan salah satu tagline iklannya “minyak goreng yang tidak lengket dan bisa diminum”? Inilah SunCo. Minyak goreng terbaik yang banyak mengandung Vitamin A dan tidak hilang ketika dipanaskan.

Penampilan pertama dibuka oleh MC cantik Mbak Raynia Atmaja. Kemudian ada penampian demo memasak dari tim Detabek yang memenangkan Juara 1 Kontes Kreasi Resep Sehat 2014.

image

Kontes Kreasi Resep Sehat ala SunCo 2014 diadakan via social media. Jadi, para peserta hanya mengirimkan resep makanan yang sehat via socmed, kemudian tim juri dari SunCo melakukan penilaian dan menentukan juara untuk mereka yang mengikuti lomba tersebut.

Ini hasil dari demo memasak oleh tim DeTaBek. Mereka membuat Pastel Lapis BinTang (Ubi Kentang). Ternyata Pastel itu terdiri dari 3 lapisan, lapisan pertama dan paling bawah adalah Ubi, kemudian Ragout dan yang paling atas adalah Kentang. Setelah itu diolesi dengan telur dan diberikan Keju diatasnya.

image

Membuatnya sih sepertinya mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Selain itu juga mengandung banyak vitamin dan protein karena di tumis menggunakan minyak goreng yang tidak akan hilang vitaminnya ketika dipanaskan. SunCo.

Setelah itu acara terhenti sejenak karena waktunya break. Para undangan yang hadir diberikan kesempatan untuk mencicipi Pastel Lapis BinTang tadi. Rasanyaa…. enaakkkk πŸ˜€

Acara dilanjutkan dengan demo memasak dari Chef Haryo untuk memasak “Gurame goreng dua rasa”. Saya sempatkan untuk memfoto bahan-bahan yang digunakan oleh Chef Haryo untuk memasak menu tersebut.

image

Dua rasa itu yaitu : Gurame goreng Saus Asam manis dan Gurame goreng Saus Black Bean. Resep bisa dilihat disini

Ini hasilnya…..

image

Gurame goreng Saus Black Bean (atas) dan Gurame goreng Saus asam manis (bawah)

Kemudian Chef Haryo menantang undangan untuk memasak dengan masakan berbahan dasar yang ada. Majulah seorang ibu-ibu (yang entah namanya siapa) memasak Gurame goreng Saus tiram. dan berikut hasil demo memasak di SunCo YearΒ  End Gathering :

image

Selanjutnya pembagian hadiah untuk para pemenang Kontes Kreasi Resep Sehat ala SunCo. Juara 1 mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.500.000, Juara 2 mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1.250.000 dan Juara 3 mendapatkan uang tunai Rp 1.000.000.

image

Juara Pertama

image

Juara Kedua (diwakilkan)

image

Juara Ketiga

Kemudian ditutup dengan pengumuman pemenang LiveTweet dan Doorprize.

image

Pemenang LiveTweet

Pesan yang saya dapatkan dari Chef Haryo yaitu jangan pernah berhenti untuk terus mencoba, kenapa para chef yang bekerja di kitchen itu memiliki rasa yang berbeda ketika kita membuatnya sendiri dirumah, karena mereka terbiasa dengan rutinitas yang selalu mereka lakukan sehingga mereka sampai hafal takaran-takaran untuk menu A misalnya, karena terbiasa dengan itu semua.

Bubur Menado

How to make it?

Bahan-bahan :
Beras secukupnya
Air secukupnya
Garam secukupnya
2 bungkus penyedap rasa
1 buah jagung
1 buah labu
1 buah ubi
1 ikat kemangi
1 ikat kangkung

Cara memasak :
1. Masukkan beras yg sudah dicuci, jagung dan 1 bungkus penyedap rasa (bisa pakai masako, royco, dll tergantung selera). Masak hingga menjadi bubur. Cara memasak bubur itu diaduk terus karena ditakutkan ada bagian yang gosong atau kurang air.
2. Sambil menunggu bubur dimasak, kita potong labu dan ubi. Potong dadu. Kemudian masukkan potongan dadu ubi dan labu ke bubur jagung. Pastikan juga suhu api diperkecil agar bubur menjadi rata teksturnya dan gak gosong.
3. Bubur yg sudah dicampur labu dan ubi tadi terus diaduk dg api sedang. Kenapa labu sama ubi tidak dimasak pertama kali dg beras, karena sifat labu yg akan menyatu jika dimasak dg api yg sangat panas. Sehingga labu dan ubi dimasak di tengah-tengah proses.
4. Setelah itu masukkan potongan daun kangkung dan daun kemangi ke campuran bubur tadi. Aduk hingga semua sayurannya matang.
5. Hidangkan dengan ikan asin dan sambal.

Mudah bgt kan? Ya.. Tidak banyak orang menado yg jual bubur menado. Karena masakan ini adalah specialist home made. Semua orang rumahan pasti mudah mendapatkan bahan-bahannya :’)

Here’s our experiment for tonight :

image

Bubur Menado

Thanks to mbak Riri & mas Naren for tonight πŸ™‚

Cerita tentang Bubur Menado

Suatu hari diajak beli bubur menado.
Teman : “mil, beli bubur menado yuk?”
Me : “hah? Bubur siang2 gini mbak?”
Teman : “hmm.. Belum tau aja kamu”
Me : “ntar aku nyicip deh :))) “

Beberapa saat setelah nyicip.
Me : “mbaakk.. Beli dimana?”
Teman : “tuh di si tante”
Me : “tante, buburnya masih ada?”
Tante : “udh abis mbak”
Me : “halah….”

You know, its happen for a long time ago. Hinggaaa membuat saya menjadi ngidam :))). *gak hamil kok*

Hingga suatu hari saat teman lama ngajak maen.
Teman1 : “mil, maen yuk, kemana kek?”
Me : “anterin gue beli bubur menado yuk? Tapi beli dimana ya?”
Teman1 : “di pasar santa ada mil”
Me : “ok. Kapan kita ketemu? Trus dimana?” *lagi ngebet pengen makan bubur menado kan jadi dipercepat pertemuannya*
Teman1 : “besok yak. Ketemu di Blok M gimana?”
Me : “ok fix ya”

Saya dateng jam 19.00, pas ngehubungi orangnya masih dikantor. Okeeee gue masih sabar. Udah jam 20.00 juga masih belum datang. Pas fi telp masih dijalan. Okee gitu kan..
Jengjeng hujan turun gerimis rintik2 untungnya bawa payung. Liat jam tangan menunjukkan pukul 21.00. Ngobrol sama penjual gorengan udah ngalor ngidul kan.

Saya telp gak diangkat. Bbm sms gak dibales. Hell yaaaa! Jam 9 malem gue masih di Blok M sendirian.

21.15 buka hp trus sms. “Aku pulang duluan ya. Nunggu kamu lamaaaaaaa. Tks” klik pesanpun dikirim.

Minta anter sama bapak gorengan yg sejak tadi sudah ngajak ngobrol saya. Dia juga kebetulan orang subang. Beruntung bgt ada orang baik yang mau menjaga saya gitu.

Pas sampe kosan.. Eh si temenku telp. Tapi aku matiin. Di bbm in gini : “kamu dimana? Aku udh di seberang Blok M Plaza deket taman”

Males bgt dibalesin kan. Akhirnya karena kasian saya bales bbm nya. “Gue udh pulang. Percuma nungguin sana juga gue udh gak ada disana. Pulang aja deh” *edisi marah*

“Yaudah aku jemput kamu ke kosan ya, kita beli bubur menado barengan berangkatnya”.

“Nggak”

Gak berselang lama..
“Aku udh ada di depan gang kos kamu. Keluar dong temuin aku dulu”.

“Ngapain? Nggak ah udh malam. Males bgt”

Minta maaf berkali-kali melalui pesan di bbm tapi saya gak reken. Dan memang dia meminta maaf dateng telat karena dia neduh dijalan. Ujan deres bgt katanyaa..

Mbok ya kasih kabar. Klo jelas juga saya gak bakalan marah kayak gitu. Saya tipikal orang yg suka sesuatu yg jelas, rapi, terstruktur. Klo udh gak sesuai sama visi saya ya pasti saya tinggalin πŸ˜€ *sadis* looohh bukannya harus gitu ya?

Back to topic. Dg kejadian malam kemarin itu langsung update status bbm lah klo saya emang ngidam bubur menado. Banyak yg komen..

Mbak yus : “yaelahh.. Pasar santa mah deket bgt sama kantorku. Pdhl td jam segitu aku masih dikantor mil. Kenapa gak kontekin aku aja? Mau beli bubur menado gak ajak2 sih”
Me : “mbakkk kenapa lu gak bilang dari tadi. Kan td kita chatting.. Amsyong bgt baru ngasih tau sekarang. Wkwkk”
Mbak yus : “kamuu gak bilang2. Syukurin dah tuh”
Me : “mbak, tengkar yuk mbak? Wkwkk”

Riri : “mill, buat aja kali, kan itu gampang bgt”
Me : “pengennya buatt.. Tapi disini gak ada yg jualan sayur. Masa iya aku belanja ke lotte?”
Riri : “besok aku ke kosanmu yak. Aku beliin bahan2nya apa aja? List in deh. Besok kita buat”
Me : “aaaa tengkyuuu mbak riri :* beli ini aja : kangkung, kemangi, jagung, labu, sama ubi. Beras aku banyaak.”
Riri : “ok.. Besok kita masak yak”

Duh.. Senengnya minta ampun. Berasa abis dikasih hadiah mobil lambhorgini kan:)) *keterlaluan sekali perumpamaannya*

Besoknya aku jemput riri di poins. Dia klo urusan jalan agak “pinter” buat nginget2. Hihiii.. Makanya aku jemput kan. Takut kesasar πŸ˜€

Well kita buat bubur menado. Detailnya di link berikut ini.

Ini penampakannya :

image

Bubur Menado

Sungguh enak bgt! Jadi gak ngecess lagi dah ni. Wkwkkwkwkkkkk

Product Branding – FC

I have done creating the sticker for my branding. Ya.. It is bakery. A lot of kind of my Bakery’s flavour. It is cheese, chocolate, chocolate banana, and… Strowberry.

Hope i have being sucessful to create this business. May be some of you can be an investor for me? πŸ˜€ #ehhh

Here is the sticker label for my bakery products.

image

Cheese Flavour

And here for tonight :))))

image

Result Sticker tonight

Cheeersss πŸ˜‰

Nasi Goreng

Jika kamu pernah mengunjungi Indonesia, kamu akan familiar dengan nama makanan Nasi Goreng.

Namanya cukup simple dan menjawab teka-teki makanan bagi mereka yang belum pernah tau Nasi Goreng sebelumnya.

Nasi Goreng bisa ditemukan dimana saja di Indonesia. Bahkan, jika kamu berniat untuk membuatnya sendiri di rumah. Ini sangat mudah dengan hanya terbuat dari bahan-bahan seadanya.

Enak? Tentu saja (sesuai selera masing-masing orang). Tapi enak saja belum cukup jika kamu tidak mencoba melakukan eksperimen sendiri.

Well, saatnya kita berbicara mengenai bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Nasi Goreng. Adapun bahannya kita kategorikan berdasarkan grup bahan dasarnya. Yaitu :

1. Bumbu
β—† Nasi matang – secukupnya
β—† Garam/penyedap rasa – secukupnya
β—† Rempah-rempah & lada (bawang putih 2 siung, bawang merah 1 siung, lada, cabe rawit 2 buah/sesuai selera, kemiri 1 siung) kemudian ulek sampai halus
β—† Minyak goreng / margarin
β—† Kecap

2. Campuran Bahan/Topping
β—† Ati Ampela – secukupnya
β—† Bakso – secukupnya
β—† Sosis – secukupnya
β—† Telur 1 buah

3. Acar/Sayuran
β—† Kol – secukupnya
β—† Wortel – secukupnya
β—† Cabe rawit – secukupnya
β—† Bawang merah – secukupnya
β—† Timun – secukupnya
β—† Cuka

4. Kerupuk
β—† Kerupuk 1 bungkus

Cara memasak Nasi Goreng :
1. Nyalakan kompor, panaskan minyak diatas ketel/wajan.
2. Panaskan margarin atau minyak sampai panas.
3. Masukkan bumbu rempah-rempah yang sudah diulek kedalam wajan kemudian tumis hingga matang.
4. Masukkan nasi kedalam wajan dan aduk hingga merata antara nasi dengan bumbu.
5. Setelah dipastikan nasi agak menguning, masukkan Campuran bahan/topping dan aduk hingga merata. Telur bisa dimasukkan berbarengan dengan Nasi Goreng, atau digoreng terpisah.
6. Tambahkan garam/penyedap rasa dan tunggu hingga harum bau masakannya.
7. Tambahkan kecap sesuai selera dan aduk hingga merata. (jika tidak ingin menggunakan kecap juga tidak apa-apa).
8. Setelah matang, angkat Nasi yang sudah digoreng dan sajikan.

Cara membuat Acar :
1. Iris wortel, timun, bawang merah dan masukkan kedalam mangkuk.
2. Tambahkan cabe rawit dan cuka kedalam mangkuk. Aduk hingga merata.
3. Tambahkan Acar yang sudah dibuat diatas Nasi Goreng yang sudah dimasak.
4. Tambahkan pula irisan kol diatas Nasi Goreng yang sudah dimasak.

Untuk menambah selera, kamu bisa menambahkan Kerupuk yang sudah digoreng diatas Nasi Goreng mu.

Daraaaaaaaamm…. Nasi Gorengnya sudah jadi.

<>