Introduce New Blog ID

Hai hai…

Blog Daily sudah cukup terisi banyak, saatnya mengkategorikan apa yang seharusnya dikategorikan. ini saya kenalkan adeknya Blog milayuliani.wordpress.com. monggo pinarak :p

1. Si Hurry (Blog Fokus Technology)
Namanya Hurry Tech kenapaaa??
Hurry = Cepat, buru-buru, kasak-kusuk (Bahasa guee. LOL) jadi diharapkan si Hurry ini bisa bercerita tentang apa yang dihadapinya di dunia perkembangan IT. Bahasannya mulai dari pemrograman, review aplikasi baru atau suka-suka. tapi yang pasti masih scope IT lah yaa.. monggo difollow 😀

Si Hurry

Si Hurry

Detail Information
Nama : Hurry Tech
Title : Daily Technology
TTL : Ibukota Negara, 10 Februari 2015
URL : hurrytech.wordpress.com

 

2. Si Dutri (Blog Fokus Dunia Trip)

Namanya Dutri (Berarti artinya saya membutuhkan Dut buat trip (ngerti kan maksudnya apaaa :p )

Emang.. dia yang paling mengeluarkan banyak cost buat ngisi kontennya, tapi tak apeee. semoga barokah yaa.. 😀

duniatrip

Si Dutri

Detail Information
Nama : Dutri
Title : Dunia Trip
TTL : Ibukota Negara, 4 November 2014
URL : duniatrip.wordpress.com

Advertisements

Parenting Session – Mendengarkan & Bicara dengan Bahasa Anak

+KALCare

+KALCare @LOVE

Jakarta, 21 Februari 2015. Lotte Shopping Avenue (LOVE). Anak merupakan buah hati dari hasil pernikahan. Anak menjadi anugerah yang sangat besar yang diberikan Tuhan kepada para orang tua. Sehingga karena sebab anugerah itulah orang tua harus menjaga dan merawat anak-anak yang telah diberikanNya.

Terkadang, orang tua bisa dengan mudah mengatur dan merawat si buah hati. Tidak jarang pula banyak orang tua yang merasa kesulitan untuk merawat dan membimbing kehidupan anak-anaknya. Bukan kenapa? Tapi ketika anak berada dalam kendali orang tua, dia tidak akan terjerumus kepada hal-hal yang tidak diinginkan. Dan mereka bisa melakukan hal-hal tersebut karena faktor utamanya “Tidak Diperhatikan Orang Tua” sehingga mereka “mencari” perhatian lain yang mungkin bisa menyenangkan hatinya. Miris bukan?

IMG_20150221_155357

Mas Kirdi Putra, Hypnoterapist

Salah satu faktor yang bisa mencegah hal tersebut, para orang tua harus mau Mendengarkan anaknya. Mendengarkan tidak saja menjadi aktifitas fisik Mendengar apa yang diucapkan anak, akan tetapi Mendengarkan ada aktifitas untuk memahami, unsur psikologis seperti merasakan apa yang diucapkan anak kepada para orang tuanya. Sehingga dengan mudah, orang tua akan mengetahui perkembangan anak, lingkungan sekitarnya serta hal-hal yang tengah dihadapi anaknya.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi pola pikir anak, diantaranya seperti :
1. Family / lingkungan keluarga
Kehidupan anak bermula dari sebuah keluarga. Hal ini tentunya menjadi dasar tumbuh kembangnya pola pikir anak. Ajarkan mereka dengan baik, santun, tidak sering mengkritik dan menceramahi setiap saat dan tentunya sebagai orang tua harus mau mengakui salah jika memang orang tua yang salah. Manusia tempatnya salah bukan? Dan bukan tidak mungkin juga jika yang melakukan kesalahan adalah orang tua.

2. Agama
Hal lain yang mempengaruhi pola pikir anak adalah Agama. Tidak ada satupun Agama yang menjerumuskan. Semuanya baik. Maka hal terbaik untuk menjadikan anak baik adalah dengan wawasan Agama yang baik.

3. Masyarakat / lingkungan sekitar
Anak akan hidup dan mempunyai kebiasaan apa yang ada di sekelilingnya, apa yang orang tuanya ajarkan dan apa yang teman-temannya lakukan. Hal terbaik adalah menempatkan lingkungan anak pada hal-hal yang baik, teman-teman yang baik dan pengajaran yang baik oleh orang tuanya.

4. Sekolah/Pendidikan
Lingkungan tempat mereka belajar juga mempengaruhi pola pikir anak, bagaimana mungkin selama kurang lebih 14tahun (jenjang TK-SMA) para anak akan mengemban pendidikan mereka. Sehingga para orang tua harus waspada terhadap lingkungan pendidikan mereka, apakah sang anak sudah ditempatkan di tempat yang terbaik menurut orang tuanya? Sehingga dalam hal pengawasan pun mungkin dapat memudahkan orang tua karena sudah tau lingkungan pendidikannya.

5. Media (Apa yang mereka lihat, dengar)
Berapa banyak anak yang pada usia balita sudah kecanduan gadget? Bawa smartphone yang paling canggih yang diberikan orang tuanya, pergi ke mall bawa gadget di tangan anak, kemudian sang anak menjadi korban penculikan?

Secara tidak langsung, para orang tua sudah merampas masa-nya anak untuk bermain di lapangan, bermain kotor-kotoran dan bermain di usianya. Bagi saya (pendapat pribadi) hal ini tidak menjadikan anak kita belajar dengan hal-hal baru di lingkungannya, pengalaman dan pola pikir hanya untuk digunakan untuk mengakses dunia yang bukan sesungguhnya (dunia maya) sehingga anak akan terbiasa dengan fasilitas yang sudah diberikan orang tuanya. Bisa dibayangkan besok dia akan jadi seperti apa jika masa kecilnya hanya manja yang diberikan?

Media atau akses menggunakan gadget itu akan ditiru oleh anak. Menggunakan gadget pada waktu tertentu bagi saya sudah cukup untuk memberikan pengajaran teknologi agar anak tidak gaptek.

Setelah penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi pola pikir anak diatas, kemudian akan dijelaskan Tipe anak, seperti :
1. Visual
Tipe anak visual biasanya sang anak akan meminta perhatian orang tua dengan cara melihat. Contohnya seperti ini:
Anak : “Ma, aku mau ceritaa dong..”
Ibu : “Iya sayang.. ” (ibunya asyik dengan aktifitasnya)
Anak : “Ah.. Gak jadi.. Ah” (kemudian cemberut)

Tipe anak visual akan meminta orang yang diajak bicara untuk memperhatikannya. Maka, untuk membuat mereka senang, mereka harus dilihat ketika berbicara.

2. Auditoring
Anak tipe Auditoring adalah tipe anak yang bisa cukup didengar dan dia akan terus melanjutkan ceritanya ketika orang yang diajak bicara sedang asyik dengan aktifitasnya. Saya ambil contoh yang diatas ya :
Anak : “Ma, aku mau ceritaa dong..”
Ibu : “Iya sayang.. ” (ibunya asyik dengan aktifitasnya)
Anak : “Ma, kenapa sih pesawat itu bisa terbang?”
Ibu : “%#*(&(@*@()#-“

3. Kinestetik (Perasaan, Sentuhan)
Anak tipe Kinestetik biasanya suka akan sentuhan teman yang diajak bicara (orang tua) untuk menenangkannya. Biasanya anak tipe Kinestetik ini suka mepet-mepet ke orang tuanya. Jadi, ketika mereka menangis mereka akan diam ketika dipeluk dan diperhatikan.

Kirdi Putra yang juga memberikan materi, mengungkapkan salah satu cara untuk belajar berkomunikasi secara personal dengan anak bisa dilakukan beberapa cara, seperti :

1. Tidak ada aktifitas rumit
2. Tidak ada orang lain
3. Tidak ada anak lain
4. Tidak ada kritik
5. Tidak menceramahi

Gerakan Feeling

Gerakan Feeling ini diperuntukkan untuk mengikatkan diri dengan buah hati (Anak). Konon katanya, jika gerakan ini terus dilakukan setiap saat akan mengikat batin antara orang yang melakukannya. Hal ini dapat membuktikan : jika, anak sedang berbohong, gelagatnya dan feeling dari ibu atau siapapun pasangan yang melakukannya akan merasakan telah dibohongi.

Gerakan 1

Gerakan 1

Gerakan 2

Gerakan 2

 

Contoh gerakan yang dilakukan seorang ibu dan anaknya (Gerakan Feeling) :

Gerakan Feeling Ibu dan Anak

Gerakan Feeling Ibu dan Anak

Gerakan Feeling audience yang hadir :

Gerakan Feeling Audience yang hadir

Gerakan Feeling Audience yang hadir

Obat insomnia

Insomnia atau gangguan tidur bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti stress, bad mood alias bete, sakit, atau ada gangguan syaraf pada otak yang tidak berjalan dengan baik.

Insomnia itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Salah satu riset menyebutkan salah satu penyebab kematian pada seseorang itu bukan hanya karena kelaparan. Akan tetapi karena kurangnya kadar tidur.

Pernah tau tentang kasus diana yg meninggal karena 36jam harus lembur dikantornya dan gak tidur? Kekurangan atau tidak tidur itu sangat fatal akibatnya dibandingkan seseorang menahan kelaparan hingga satu minggu lamanya.

Thats all, tidur itu sangat penting. Lalu bagaimana jika seseorang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Saya insomnia? Yes! Iya saya juga insomnia. Setelah kesana kemari mencari solusi untuk insomnia ada beberapa faktor yg mungkin bisa diterapkan khususnya bagi saya sendiri.. Seperti :

  1. Jauhkan posisi tidur dg gadget. Karena salah satu penyebab insomnia adalah karena kita terlalu asyik chatting atau browsing dg gadget kita.
  2. Matikan televisi, radio maupun lampu disaat jam-jamnya kita tidur. Adapun maksimal tidur bagi usia 21-30 itu sekitar 8jam (kelebihan gak sih? :))) )
  3. Rendam kaki sebelum tidur. Karena pusat ngantuk itu katanya ada di telapak kaki kita.
  4. Buka baju dan tidur dalam kondisi telanjang. Kenapa begitu? Karena suhu yang dibutuhkan badan untuk meregenerasi sel-sel metabolisme dan mengeluarkan zat-zat radikal hanya bisa dilakukan ketika suhu badan kita mencapai 29°C dan itu hanya bisa didapatkan ketika kita tidur dg posisi telanjang. Selain itu juga bisa mempercepat tidur karena kita gak merasa pengap atau lainnya karena suhu yang dihasilkan ketika kita menggunakan baju pada saat tidur.
  5. Bagi wanita, lepaskan pelindung breast anda. Hal ini juga membantu untuk mencegah breast cancer (kanker payudara).

 

Semoga bermanfaat. Khususnya bagi saya sendiri 😉

Prosedur penutupan asuransi “Mega Insurance”

Asuransi merupakan salah satu cara pengalihan resiko terhadap seperti : resiko kesehatan, jiwa, kecelakan, penyakit kronis dll. Asuransi menjadi sangat penting karena asuransi bisa menjadi penolong dana dadakan kita. Apalagi biaya pengobatan sekarang ini sangat mahal, dan orang juga jarang bgt melakukan saving untuk dana dadakan dengan nominal yg besar :p

Satu asuransi sebenarnya sudah cukup. Tergantung fasilitas apa yang akan didapatkan jika kita mengikuti program asuransi tersebut. Aku sendiri ada 3 proteksi diri yang tersisa yaitu proteksi asuransi jiwa, proteksi kesehatan(rawat inap, rawat jalan Rumah Sakit) dan proteksi cacat total akibat kecelakaan.

Barusan bgt abis nutup 1 polis untuk proteksi rawat jalan kecelakaan. Aku pikir udah ada lah ya proteksi tersebut. Lagipula polis tersebut men-debet langsung melalui kartu kreditku. Sudah 2 bulan mendebet tagihan tapi polisnya dan sertifikat keikutsertaannya gak pernah dikirimkan pihak bank asuransi tersebut. Berbagai spekulasi mulai muncul deh. Mulai dari tanya sana sini dengan teman-teman yg kerja di asuransi mengenai produk asuransi dan cara kerjanya seperti apa.

Sumpaahh..  susyah bgt dapetin nomer kontek asuransi. Mbok ya buatnya aja maksa-maksa tapi cara tutupnya sulit bgt 😦 akhirnya teman mau bantu anterin ke stand carefour yang menawarkan asuransi dg nama asuransi yg sama. Kebetulan kartu kredit yang saya punya yaitu bank Mega.

Nyari di forum-forum kebanyakan juga mereka mengalami kesusahan untuk penutupannya. Semoga setelah aku posting tulisan ini, bisa bermanfaat bagi yang butuh informasi ini.

Aku gak berhenti sampe situ doang dong, karena sebagai nasabah aku merasa rugi banget membayarkan sesuatu yang tidak aku pakai. Apalagi biaya yang sudah di debet tidak bisa di refund karena tidak ada sistem investasi di asuransi ini. Sayang bgt ya.. Preminya sih kecil. Sebulan 170rb IDR cuman bagi premi di bank Mega itu udah kelas B untuk mendapatkan pelayanan ketika masuk Rumah Sakitnya.

Adapun yang aku lakukan untuk menutup asuransi pada kartu kredit, yaitu :

  1. Telp Call Center Bank penyedia kartu kredit. Dalam hal ini kontak MegaCall : 500010.
  2. Menanyakan jenis asuransi yang kita ikuti dan menanyakan nomer telp dan extension asuransi tersebut.
  3. Telp kontak asuransi Mega Insurance di hotline : 021-79175758 extension 1 untuk pilihan bahasa indonesia kemudian 5 untuk pilihan Telemarketing (karena proses pengajuan asuransiku by phone oleh marketing officernya).
  4. Sabarrr aja ya nunggu telp nya bisa berbicara dg CS nya.
  5. Tanyakan nama CS hal ini jika suatu saat proses kita gak diperbaharui, kita bisa complain dg mengadukan nama CS yg saat ini menerima telpnya.
  6. Setelah telp diterima CS, bicara baik-baik apa keluh kesahnya (agak melas dikit gpp :p ) klo aku sih ngadunya karena udh punya asuransi lain. Trus kemarin main “iya” in aja di telp karena lagi gak konsen. Sampe CS nya memberikan pernyataan seperti ini kurang lebih : “hari ini, tgl xx oktober 2014 polis dg a.n xxxx telah ditutup”. Dan itu artinya kita sudah menutup polis asuransinya.
  7. Tanyakan hal-hal yang kira-kira masih belum kita mengerti.

Klo aku tanya gini : “mbak, cara aku tau klo polisnya udah ditutup atau belum gimana ya mbak?”
Mbaknya menjawab : “bisa dilihat di billing tagihan bulan depan ya mbak”. Semoga memang benar-benar ditutup deh ya.. Hihii..

Semoga bermanfaat 😉

Pemimpin Baru, Baju lebaran baru

Pertama saya ucapkan selamat kepada bapak Jokowi-JK yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia 2014-2019. Banyak harapan rakyat indonesia yg kali ini sangat bergantung pada bapak. Dan kiranya pilihan saya untuk bapak bisa dipergunakan untuk kepentingan bangsa dan negara yang tercinta ini.

Ketika masa-masa kampanye banyak sekali isu negatif yang kerap kali menyerang bapak. Tentunya hal ini untuk merendahkan elektabilitas bapak yang semakin tinggi perolehan survey “tokoh yang layak untuk menjadi presiden dan wakil presiden”.

Saya memilih bapak karena adanya harapan saya dan mungkin seluruh rakyat indonesia terhadap kehidupan indonesia yang lebih baik. Ekonomi lebih baik, penanganan masalah cepat tanggap, dan memang harusnya seperti itu. Dan yang tak kalah pentingnya adalah orang-orang baik di sekitar anda. Saya tidak sedang menjelekkan pak prabowo yang kali ini merupakan kandidat rival dg bapak jokowi. Tetapi meskipun orang-orang itu adalah partai-partai islam dan bahkan menteri atau pejabat negara, tetapi jika mereka terkait masalah korupsi ya apa mau dikata. Tetap saja dimata kami rakyat indonesia hal ini tentu sangat merugikan.

Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.

Mungkin secara kasat mata niat pak prabowo itu baik. Tapi bagi saya karena dibelakangnya adalah orang-orang “kurang” baik jadi abstain.

Saya harap pak prabowo bisa legowo terhadap keputusan KPU. Toh bukannya bapak sering bilang, kalau bapak sudah berpuluh-puluh kali menyatakan akan menerima hasil keputusan rakyat? Mana buktinya pak?

Bapak memang baik dan saya juga telah melihat visi misi bapak mencalonkan jadi capres seperti apa? Tapi apa bapak sadar ternyata yg selama ini bapak bilang jokowi tidak pernah mengeluarkan statemen akan menerima keputusan rakyat, akan tetapi hanya bilang, jokowi akan menang jika tidak diCURANGI.

Yaa.. Mungkin pak jokowi sadar jika rivalnya itu akan menghalalkan berbagai macam cara untuk memenangkan pemilu ini. Jadi ini semacam maling teriak maling ya.  Siapa yang ngomong, dia yang melakukan.

Sekarang pemilu sudah usai. Jika bapak masih menganggap DKI Jakarta melakukan pencurangan hanya karena pemilih menggunakan hak pilihnya menggunakan KTP bukannya DTP. Tentu ini sudah menjadi peraturan KPU yang terpenting suaranya bukan? Toh mereka juga ingin ikut sumbangsih untuk memilih calon presiden mereka. Masih membahas mengenai kecurangan. Saya baca di salah satu media mengenai pemilu yg ada di lebak, banten. Jika tim relawan pak jokowi tidak turun langsung mungkin mereka tidak akan pernah tau kalau suara untuk jokowi-jk ternyata ditukar dengan prabowo-hatta. Rakyatnya sendiri yang teriak.. “Pak disini surat suaranya ditukar”. Nahloh?

Maling teriak maling lagi. Hihi.. Sudahlah. Aku malas mengurusi politik. Karena politik pula saya menjadi tidak harmonis pertemanan dengan kawan saya yg berbeda persepsi :p

Yang terpenting, kita sudah tau presidennya siapa, semoga beliau bisa segera bertindak untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Aamiin.

Pemimpin baru, harapan baru, dan baju baru. Bentar lagi lebaran… ^^

Mohon maaf lahir dan batin yaa reader #ketjupBasah

2014 tahun era politik

Kita sudah berjumpa lagi di akhir tahun masa jabatan bapak presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Berbagai prestasi bisa diraih Indonesia tercinta ini salah satunya yaitu pemerintahan pada masa ini berhasil membuat harmonis hubungan internasional.

Di masa pemerintahan SBY juga perekonomian Indonesia tidak terlalu mempunyai dampak krisis untuk dunia global. Hal ini juga kerap menjadi pujian negara-negara yg mengalami inflasi seperti wilayah eropa dan timur tengah akibat adanya peperangan di timur tengah.

Bapak SBY telah menjabat 2 periode sebagai presiden. Wow.. 10 tahun lamanya. Banyak pro dan kontra dari berbagai era politik mengenai pemerintahan beliau. Hal ini tentunya salah satu bentuk protes terhadap kebijakan-kebijakannya. Kita tau.. Di sela-sela masa jabatannya, beliau lebih mementingkan release lagu baru dibandingkan harus bergerak cepat untuk menangani masalah rakyat. Banyak politisi-politisi yg ditangkap oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yg secara tidak langsung beliau telah meloloskan oknum-oknum untuk melakukan korupsi. Ada lagi mengenai kebijakan Bailout Century yang beliau diamkan. Entah itu untuk melindungi elektabilitasnya sebagai RI1. Entahlah…

Tetapi perlu saya akui, berkat idenya beliau, Indonesia mempunyai lembaga bernama KPK. Yang bisa dengan mudah mencopot jabatan-jabatan tertinggi sejajar menteri maupun MK (Mahkamah Konstitusi). Banyak rakyat yg dijadikan kambing hitam oleh para politisi yg melakukan tindak korupsi, kolusi dan nepotisme. Itu berarti penegakan hukum di Indonesia sepenuhnya masih belum bisa ditegakkan. Orang kaya yg akan berkuasa, karena dia yang mempunyai wewenang untuk menyuap jaksa maupun hakim untuk bisa tutup mulut akan kasus yang menimpanya.

Kampanye pilpres di tahun 2014, yang menandakan akan dibentuknya pemerintahan baru dengan kabinet-kabinet yang membantunya untuk memajukan Indonesia tercinta ini. Tahun ini hanya ada 2 pilihan Capres-Cawapres yang maju sebagai presiden. Akan tetapi pada tahun 2019, akan dipilih pilpres(pemilihan presiden) itu menjadi satu pemilu dengan pileg(pemilihan legislatif) hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap anggaran APBN yang digunakan menjelang pemilu.

2 calon pilpres 2014 kita tau ada pasangan calon no. Urut 1 yaitu pak Prabowo – Hatta Rajasa. Dan pasangan calon no. Urut 2 pak Joko Widodo – Jusuf Kala.

Banyak plus minusnya melihat dari visi misi kedua calon capres-cawapres. Misalnya salah satu visi pak prabowo yaitu memberikan wajib minum susu bagi anak-anak setiap pagi. Hal ini sangat berdampak positif tentunya ya.. Karena setiap anak bisa memenuhi gizinya setiap hari. Tapi perlu kita tanya? Bagaimana cara pak prabowo merealisasikannya?

Kemudian salah satu visi dari pak jokowi dodo yaitu wajib belajar 12 tahun. Kita tau, dewasa ini banyak anak yang putus sekolah. Mereka yg tidak mampu membayar uang sekolah. Akan tetapi setelah pemerinta era pak SBY, Kemendiknas berhasil menggratiskan biaya sekolah hingga jenjang SMP (wajib belajar 9 tahun) nah.. Bagaimana dalam hal ini pak jokowi dodo merealisasikan visinya?

Kita sebagai rakyat jelata, seharusnya tidak melakukan hal-hal negatif terhadap dua calon tersebut. Berfikirlah secara realitas terhadap kekurangan dan kelebihan  masing-masing pasangan. Alangkah baiknya kita bersifat kritis terhadap visi misi mereka.

Toh akhirnya, walaupun mereka terpilih mereka tidak akan serta merta memberi kita keuntungan. Misalnya ditawari posisi penting di pemerintahannya? Wwkkkk #ngayal bgt. Yg ada malah kita jadi mempunyai hubungan jelek dg sesama teman kita karena menjagokan mereka.

Namanya saja politik.. Kita tidak tau kalau sekarang mungkin mereka mempunyai niat jahat sama kita kan? Hanya untuk mengeruk kepentingan mereka pribadi. Semoga saja tidak. Heeheee..

Salam damai ^_v

Study Tour ke RSIA Evasari

Sabtu/12 April 2014, Kami tim Blogger melakukan kunjungan ke RSIA Evasari Jakarta yang berada di Jl.Rawamangun No.47 Jakarta. Yang lokasinya tidak jauh dari pasar genjing atau pasar pramuka Matraman, Jakarta Pusat. Saya yang kebetulan diajak oleh aktifis #blogger2hospital eyang anjari melalui akun twitternya @anjarisme langsung sigap ingin mengikuti event ini.

Kunjungan #blogger2hospital ini merupakan kali kedua dilakukan, akan tetapi sangat disayangkan karena saya tidak bisa mengikuti event yang pertama karena masalah persiapan wisuda sarjana saya. Hikss..

Dalam kesempatan kedua ini saya sangat beruntung dapat mengikutinya karena memang sudah lama sekali saya ingin mengetahui ilmu kesehatan. Jadi saya menganggap visiting tour ini sebagai Study Tour ke lingkungan Rumah Sakit Ibu & Anak (RSIA) Evasari.

RSIA Evasari merupakan salah satu dari 16 Rumah Sakit Khusus yang ada di Indonesia. Dari namanya sudah jelas bahwa Rumah Sakit ini dikhususkan untuk Ibu dan Anak. Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika para Bapak ingin cekup atau dirawat di Rumah Sakit ini.

Pada tahun 1976 RSIA Evasari ini didirikan. Yang kemudian pada beberapa tahun terakhir kepemilikan RSIA Evasari ini diambil alih sebagian oleh grup RS Awal Bros. Jadi, Sekarang RSIA Evasari ini berada dibawah naungan grup RS Awal Bros yang berpusat di Pekanbaru.

image

RSIA Evasari

Pada saat saya sampai ke lokasi event, saya diminta untuk melakukan pengecekan terhadap kadar lemak di tubuh saya, serta pengecekan tulang.

image

Pengecekan Lemak / Kalori. Model : Teh Ani

Meskipun disinyalir tulang saya masih padat akan tetapi jika tidak diimbangi olahraga yang teratur bisa mengakibatkan resiko osteoporosis. Karena normalnya T Score dan Z Score nya adalah 1 bukan terletak di bawah angka minus.

image

Hasil Pengecekan Tulang saya

Setelah itu kami berada di ruangan Multiguna untuk mendengarkan penjelasan sejarah dari RSIA Evasari serta berbagai fasilitas yang tersedia di RS tersebut. Sambutan pertama oleh Bapak Agus selaku Marketing RSIA Evasari yang kemudian dilanjutkan penjelasan fasilitas oleh Dr. Echi (Hetzy).

image

Sambutan Pak Agus, Marketing RSIA Evasari, Jakarta

image

Dr. Hetzy menjelaskan Fasilitas yang ada di RSIA Evasari, Jakarta

Acara selanjutnya yaitu acara puncak Touring di RSIA Evasari. Tempat pertama yg dikunjungi yaitu UGD (Unit Gawat Darurat). Seperti halnya RS umum, RS khusus RSIA Evasari pun mempunyai standar untuk melayani pasien sesuai dengan tingkat pertolongan pada pasien. Ada pasien yang membutuhkan penanganan cepat, sedang maupun biasa saja. Tergantung pada jenis penyakit yang di derita pasien.

image

Ruang UGD RSIA Evasari, Jakarta

Setelah dari ruangan UGD kita beralih ke ruangan perawatan Bayi. Disini kita belajar istilah-istilah RS khususnya untuk RSIA. Ruangan HCU (High Care Unit) merupakan ruangan khusus yang digunakan sebagai middleware pengobatan kepada pasien secara lebih intensif. Atau ruangan ini bisa disebut juga sebagai ruangan pengobatan bagi penyakit-penyakit yang memerlukan progress peningkatan kesehatan secara berkala. Misalnya dbd (peningkatan hemoglobin harus di monitoring dengan intensif).

image

Ruang HCU RSIA Evasari, Jakarta

CSSD ( Central Sterile Services Departement) merupakan ruangan khusus yang berfungsi untuk melakukan proses sterilisasi peralatan yang ada di RS. Seperti gunting untuk digunakan operasi dll.

image

Ruang CSSD RSIA Evasari, Jakarta

NICU ( Neonatal Intensive Care Unit) merupakan ruangan inkubasi bagi bayi yang baru lahir usia 1-30 hari yang mempunyai kelainan-kelainan ataupun berat badan dibawah 2500gr. Bayi prematur misalnya atau mungkin bayi yang mempunyai kekurangan berat badan saat lahir harus dirawat secara intensif di ruangan Nicu. Hal ini agar suhu tubuh yang dibutuhkan bayi sesuai dengan suhu pada inkubator.

image

Ruang NICU RSIA Evasari, Jakarta

Saya sempat bertanya, bagaimana bayi-bayi tersebut memperoleh asi. Kemudian Dr.Hetzy menjawab ada sebagian bayi yang di-puasa-kan. Karena lemahnya fisik bayi maka bayi tersebut di puasa kan dari asi. Sedangkan bayi yang mendapatkan asi, pemberian asi dilakukan melalui diteteskan tetapi pemberian asi tidak secara langsung diberikan dari ibu ke anaknya.

image

Dede Bayi diruang Incubator NICU. RSIA Evasari, Jakarta

Sedangkan bayi normal yang tidak mempunyai kelainan atau tidak memerlukan perawatan yang extra intensif, berada di ruangan lain selain dari NICU dan PICU.

image

Bayi Normal diruangan Bayi. RSIA Evasari, Jakarta

Kemudian kita melakukan kunjungan ke ruangan USG. USG dilakukan untuk pengecekan kandungan mulai dari 20 minggu. USG yang tersedia di RSIA Evasari sudah mendukung teknologi 4Dimensi. Jadi bentuk dari janin yang ada di perut akan terlihat dengan jelas dari berbagai sisi. Keuntungan USG ini untuk mengetahui kelengkapan anggota tubuh jabang bayi, serta pendeteksian kecacatan bawaan dari lahir.

image

Ruang USG RSIA Evasari, Jakarta

Ruangan VVIP di RSIA Evasari.

image

Ruangan VVIP RSIA Evasari, Jakarta

Setelah itu, kita melihat pemeriksaan dari baby nya mbak Echa (namanya Dek Raffi) yang melakukan pemeriksaan Echocardiology untuk mengetahui adanya terdapat kelainan penyempitan rongga jantung atau kelainan jantung bawaan dari lahir.

image

Dek Raffi beserta momy melakukan pemeriksaan Echocardiology

Dari hasil pemeriksaan, alhamdulilah jantungnya dek Raffi sehat dan tidak ada kelainan.

Then… Fase terakhir adalah foto bareng.

image

#Blogger2Hospital

Sungguh, ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Bisa tau sedikit dari sekian banyak ilmu kesehatan. Semoga dengan adanya event ini saya khususnya bisa lebih sayang dan menjaga badan saya dengan baik. Umumnya memberikan pelajaran kepada kita semua untuk tetap menjaga kesehatan.