Karena mata adalah jendela dunia

Mata adalah alat indra paling istimewa. Seperti kata pepatah, mata adalah jendela dunia. Jika seorang fotografer mempunyai kamera dan lensa, maka kata sahabat saya, mata lah sebagai tools dari semuanya. Betapa beruntungnya kita sebagai manusia yang diberikan kelengkapan fisik bisa menikmati anugerah tuhan yang maha agung ini.

Saya adalah seorang perempuan berkacamata. Iya! Ada “mata pembantu” yang kerap kali menjadi salah satu bagian dari badan saya. Menjaga kesehatan mata sangat penting. Hal ini benar-benar terasa penting ketika saya mengalami kelelahan menggunakan kacamata. Mata lelah, sayu, selalu mengantuk apalagi kalau pagi-pagi disuruh menatap kamu (matahari-red) duhh rasanya gak kuat banget klo disuruh melek pada saat mata lelah.

Saya memang mempunyai kelainan mata pada saat saya masih SD. Mata saya kadang suka kabur-kabur penglihatannya gak bisa fokus sama satu obyek. Maka tidak heran juga ketika menginjak SMP saya sudah menggunakan kacamata dg minus 1/2.

Berbicara mengenai kelelahan mata, saya mensiasati dengan berpola hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan kesehatan dan tidak lupa juga untuk menambahkan suplemen kesehatan.

Berikut merupakan salah satu contoh makanan kesehatan untuk mata :

1. Wortel (Carrot)

carrot

Wortel mempunyai banyak kandungan vitamin A sangat penting bagi mata.

2. Kol (Cabbage)

cabbage

Kol dipercaya juga dapat menjadi antibodi tubuh terhadap antibiotik. Kol juga mengandung vitamin A lohh 😀

3. Brokoli (Cauliflower)

brocolli

Brokoli mempunyai banyak kandungan vitamin C. Tubuh kita itu bersifat universal. Jangan pikir kalau kita mengalami kelelahan mata itu sebenarnya yang lelah juga anggota tubuh yang lain. So keep contact with them 😀

Masih banyak jenis makanan dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Kalau saya sih prinsipnya tiap hari wajib makan sayur dan buah walaupun itu cuman 1 jenis.

Oh iya.. Kelanjutan dari kelelahan mata tadi, saya kondisikan dengan memakai softlens (hiks) tapi setelah tau itu tidak baik karena selaput kornea bisa saja tergores akibat kita terlalu sering mencopot softlense. Bayangkan itu terjadi setiap hari?? 😦

Waktu itu, tepatnya sepulang kuliah(karena kejadian saya mengalami mata lelah pada saat masih kuliah) saya menyempatkan diri berkunjung ke apotik resmi Kimia Farma yang ada di barisan jalan Cikini Raya. Saya melihat ada produk untuk kesehatan mata dari Sea Quill bernama Eye Bright.

imageSaya pun sambil bertanya-tanya kepada apotekernya tentang produk tersebut apakah aman atau tidak untuk dikonsumsi, atau ada efek samping yang ditimbulkan setelah mengkonsumsinya. Dengan telaten apotekernya bilang jika produk itu vitamin suplemen mata yang mengandung bahan-bahan yang diperlukan oleh mata. Akhirnya saya memutuskan untuk membelinya 😀

Setelah sampai di rumah, barulah saya mencari informasi detail untuk produk tersebut. Karena pada saat itu saya merasa kaget baru tau kalau ada suplemen mata. Selama ini gak pernah tau ada suplemen mata.

Didapatlah kandungan EyeBright seperti : Raspberry dengan zat aktif gallotannin dan ellagic tannin untuk mengurangi secret pada mata. Goldenseal dengan zat aktif berberine dan hydrastine menghambat pertumbuhan beberapa jenis kuman( termasuk Chlamydia trachomatis penyebab trachoma) dan melawan peradangan. Ekstrak buah Billberry menguatkan pembuluh darah kapiler mata dan retina. Vitamin B1, B2, B6 dan Vitamin D diperlukan untuk menjalankan fungsi saraf yang baik. Vitamin E, C dan Beta carotene sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Lengkap banget kan! 😀

Dan setelah saya menggunakannya beberapa hari, alhamdulilah tidak mengalami kelelahan pada mata lagi bahkan waktu itu saya mengkonsumsinya selama sebulan, minus saya menjadi berkurang dari 3.00 menjadi 2.75 dan sekarang, minus di kacamata saya sudah berkurang lagi menjadi 2.5. Hal itu karena saya berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat dan istirahat yang cukup.

Sumber Gambar :

[1] images.google.com

[2] http://www.sea-quill.co.id

Advertisements

3 thoughts on “Karena mata adalah jendela dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s