Obat insomnia

Insomnia atau gangguan tidur bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti stress, bad mood alias bete, sakit, atau ada gangguan syaraf pada otak yang tidak berjalan dengan baik.

Insomnia itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Salah satu riset menyebutkan salah satu penyebab kematian pada seseorang itu bukan hanya karena kelaparan. Akan tetapi karena kurangnya kadar tidur.

Pernah tau tentang kasus diana yg meninggal karena 36jam harus lembur dikantornya dan gak tidur? Kekurangan atau tidak tidur itu sangat fatal akibatnya dibandingkan seseorang menahan kelaparan hingga satu minggu lamanya.

Thats all, tidur itu sangat penting. Lalu bagaimana jika seseorang mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Saya insomnia? Yes! Iya saya juga insomnia. Setelah kesana kemari mencari solusi untuk insomnia ada beberapa faktor yg mungkin bisa diterapkan khususnya bagi saya sendiri.. Seperti :

  1. Jauhkan posisi tidur dg gadget. Karena salah satu penyebab insomnia adalah karena kita terlalu asyik chatting atau browsing dg gadget kita.
  2. Matikan televisi, radio maupun lampu disaat jam-jamnya kita tidur. Adapun maksimal tidur bagi usia 21-30 itu sekitar 8jam (kelebihan gak sih? :))) )
  3. Rendam kaki sebelum tidur. Karena pusat ngantuk itu katanya ada di telapak kaki kita.
  4. Buka baju dan tidur dalam kondisi telanjang. Kenapa begitu? Karena suhu yang dibutuhkan badan untuk meregenerasi sel-sel metabolisme dan mengeluarkan zat-zat radikal hanya bisa dilakukan ketika suhu badan kita mencapai 29°C dan itu hanya bisa didapatkan ketika kita tidur dg posisi telanjang. Selain itu juga bisa mempercepat tidur karena kita gak merasa pengap atau lainnya karena suhu yang dihasilkan ketika kita menggunakan baju pada saat tidur.
  5. Bagi wanita, lepaskan pelindung breast anda. Hal ini juga membantu untuk mencegah breast cancer (kanker payudara).

 

Semoga bermanfaat. Khususnya bagi saya sendiri 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s