Study Tour ke RSIA Evasari

Sabtu/12 April 2014, Kami tim Blogger melakukan kunjungan ke RSIA Evasari Jakarta yang berada di Jl.Rawamangun No.47 Jakarta. Yang lokasinya tidak jauh dari pasar genjing atau pasar pramuka Matraman, Jakarta Pusat. Saya yang kebetulan diajak oleh aktifis #blogger2hospital eyang anjari melalui akun twitternya @anjarisme langsung sigap ingin mengikuti event ini.

Kunjungan #blogger2hospital ini merupakan kali kedua dilakukan, akan tetapi sangat disayangkan karena saya tidak bisa mengikuti event yang pertama karena masalah persiapan wisuda sarjana saya. Hikss..

Dalam kesempatan kedua ini saya sangat beruntung dapat mengikutinya karena memang sudah lama sekali saya ingin mengetahui ilmu kesehatan. Jadi saya menganggap visiting tour ini sebagai Study Tour ke lingkungan Rumah Sakit Ibu & Anak (RSIA) Evasari.

RSIA Evasari merupakan salah satu dari 16 Rumah Sakit Khusus yang ada di Indonesia. Dari namanya sudah jelas bahwa Rumah Sakit ini dikhususkan untuk Ibu dan Anak. Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika para Bapak ingin cekup atau dirawat di Rumah Sakit ini.

Pada tahun 1976 RSIA Evasari ini didirikan. Yang kemudian pada beberapa tahun terakhir kepemilikan RSIA Evasari ini diambil alih sebagian oleh grup RS Awal Bros. Jadi, Sekarang RSIA Evasari ini berada dibawah naungan grup RS Awal Bros yang berpusat di Pekanbaru.

image

RSIA Evasari

Pada saat saya sampai ke lokasi event, saya diminta untuk melakukan pengecekan terhadap kadar lemak di tubuh saya, serta pengecekan tulang.

image

Pengecekan Lemak / Kalori. Model : Teh Ani

Meskipun disinyalir tulang saya masih padat akan tetapi jika tidak diimbangi olahraga yang teratur bisa mengakibatkan resiko osteoporosis. Karena normalnya T Score dan Z Score nya adalah 1 bukan terletak di bawah angka minus.

image

Hasil Pengecekan Tulang saya

Setelah itu kami berada di ruangan Multiguna untuk mendengarkan penjelasan sejarah dari RSIA Evasari serta berbagai fasilitas yang tersedia di RS tersebut. Sambutan pertama oleh Bapak Agus selaku Marketing RSIA Evasari yang kemudian dilanjutkan penjelasan fasilitas oleh Dr. Echi (Hetzy).

image

Sambutan Pak Agus, Marketing RSIA Evasari, Jakarta

image

Dr. Hetzy menjelaskan Fasilitas yang ada di RSIA Evasari, Jakarta

Acara selanjutnya yaitu acara puncak Touring di RSIA Evasari. Tempat pertama yg dikunjungi yaitu UGD (Unit Gawat Darurat). Seperti halnya RS umum, RS khusus RSIA Evasari pun mempunyai standar untuk melayani pasien sesuai dengan tingkat pertolongan pada pasien. Ada pasien yang membutuhkan penanganan cepat, sedang maupun biasa saja. Tergantung pada jenis penyakit yang di derita pasien.

image

Ruang UGD RSIA Evasari, Jakarta

Setelah dari ruangan UGD kita beralih ke ruangan perawatan Bayi. Disini kita belajar istilah-istilah RS khususnya untuk RSIA. Ruangan HCU (High Care Unit) merupakan ruangan khusus yang digunakan sebagai middleware pengobatan kepada pasien secara lebih intensif. Atau ruangan ini bisa disebut juga sebagai ruangan pengobatan bagi penyakit-penyakit yang memerlukan progress peningkatan kesehatan secara berkala. Misalnya dbd (peningkatan hemoglobin harus di monitoring dengan intensif).

image

Ruang HCU RSIA Evasari, Jakarta

CSSD ( Central Sterile Services Departement) merupakan ruangan khusus yang berfungsi untuk melakukan proses sterilisasi peralatan yang ada di RS. Seperti gunting untuk digunakan operasi dll.

image

Ruang CSSD RSIA Evasari, Jakarta

NICU ( Neonatal Intensive Care Unit) merupakan ruangan inkubasi bagi bayi yang baru lahir usia 1-30 hari yang mempunyai kelainan-kelainan ataupun berat badan dibawah 2500gr. Bayi prematur misalnya atau mungkin bayi yang mempunyai kekurangan berat badan saat lahir harus dirawat secara intensif di ruangan Nicu. Hal ini agar suhu tubuh yang dibutuhkan bayi sesuai dengan suhu pada inkubator.

image

Ruang NICU RSIA Evasari, Jakarta

Saya sempat bertanya, bagaimana bayi-bayi tersebut memperoleh asi. Kemudian Dr.Hetzy menjawab ada sebagian bayi yang di-puasa-kan. Karena lemahnya fisik bayi maka bayi tersebut di puasa kan dari asi. Sedangkan bayi yang mendapatkan asi, pemberian asi dilakukan melalui diteteskan tetapi pemberian asi tidak secara langsung diberikan dari ibu ke anaknya.

image

Dede Bayi diruang Incubator NICU. RSIA Evasari, Jakarta

Sedangkan bayi normal yang tidak mempunyai kelainan atau tidak memerlukan perawatan yang extra intensif, berada di ruangan lain selain dari NICU dan PICU.

image

Bayi Normal diruangan Bayi. RSIA Evasari, Jakarta

Kemudian kita melakukan kunjungan ke ruangan USG. USG dilakukan untuk pengecekan kandungan mulai dari 20 minggu. USG yang tersedia di RSIA Evasari sudah mendukung teknologi 4Dimensi. Jadi bentuk dari janin yang ada di perut akan terlihat dengan jelas dari berbagai sisi. Keuntungan USG ini untuk mengetahui kelengkapan anggota tubuh jabang bayi, serta pendeteksian kecacatan bawaan dari lahir.

image

Ruang USG RSIA Evasari, Jakarta

Ruangan VVIP di RSIA Evasari.

image

Ruangan VVIP RSIA Evasari, Jakarta

Setelah itu, kita melihat pemeriksaan dari baby nya mbak Echa (namanya Dek Raffi) yang melakukan pemeriksaan Echocardiology untuk mengetahui adanya terdapat kelainan penyempitan rongga jantung atau kelainan jantung bawaan dari lahir.

image

Dek Raffi beserta momy melakukan pemeriksaan Echocardiology

Dari hasil pemeriksaan, alhamdulilah jantungnya dek Raffi sehat dan tidak ada kelainan.

Then… Fase terakhir adalah foto bareng.

image

#Blogger2Hospital

Sungguh, ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. Bisa tau sedikit dari sekian banyak ilmu kesehatan. Semoga dengan adanya event ini saya khususnya bisa lebih sayang dan menjaga badan saya dengan baik. Umumnya memberikan pelajaran kepada kita semua untuk tetap menjaga kesehatan.

Advertisements

One thought on “Study Tour ke RSIA Evasari

  1. Pingback: #Blogger2Hospital untuk Pasien dan Rumah Sakit – Anjarisme

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s