Ilmu Budaya Dasar

Kata Pengantar

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat menjalankan tugas dan amanahnya.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mendefinisikan tentang ilmu budaya dasar. Secara garis besar ilmu budaya dasar itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang nilai-nilai kebudayaan, nilai-nilai pemecahan suatu masalah, dan nilai sosial yang berbudaya. Diharapkan setelah mempelajari IBD(Ilmu Budaya Dasar) ini manusia akan mempunyai nilai-nilai luhur berbudi pekerti yang baik, yang manusiawi dan yang berabudaya.

Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu sehingga tugas ini dapat diselesaikan dengan baik.

I. Pendahuluan

Indonesia adalah negara kepulauan. Terdapat Daratan dan juga Lautan. Daratan-daratan dipisahkan oleh lautan itu yang kita sebut sebagai pulau. Dengan adanya pemisahan daratan-daratan tersebut maka indonesia terkenal dengan nama NUSANTARA.

Nusantara adalah sebutan untuk indonesia dari mulai sabang sampai merauke. dengan adanya kesatuan tersebut menjadikan indonesia mempunyai suatu budaya yang beraneka ragam.

Dewasa ini, banyak sekali masalah-masalah yang timbul untuk negara kita tercinta ini. mulai dari peng-klaim-an negara-negara tetangga, pengambilan budaya bangsa oleh negara-negara tetangga, serta penjajahan moral dari budaya asing yang masuk ke indonesia.

Karena kurangnya rasa saling memiliki, jiwa kesatuan dan persatuan bangsa kita, maka indonesia mudah sekali untuk dijajah moralnya oleh negara lain. sehingga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi dikalangan masyarakat, mulai digalakkan kembali rasa nasionalisme itu, dengan cara mulai digalakan pembelajaran-pembelajaran tentang kewarganegaraan dan pancasila. dan itu terjadi jika kita memikirkan arti budaya untuk negara ini yang bersifat generally. nah sekarang arti budaya secara khusus seperti apa?

budaya. budaya sopan santun, budaya berbahasa lemah lembut. apakah itu bukan suatu definisi dari budaya? budaya secara khusus adalah sebuah kondisi kebiasaan yang sudah menjadi budaya. Dengan budaya manusia bisa bersatu, karena mempunyai visi dan misi yang sama. dengan budaya pula manusia bisa menciptakan suatu peraturan yang sudah menjadi tradisi dan ketentuan di suatu daerah tertentu.

nah sebenernya apa yang bisa dijadikan pedoman untuk kita dalam berbudaya? dan apa ilmu yang mempelajari itu semua?

II. Pengertian Ilmu Budaya Dasar

IBD merupakan singkatan dari Ilmu Budaya Dasar yaitu ilmu yang mempelajari tentang nilai-nilai suatu kebudayaan, dan nilai-nilai didalam memecahkan suatu masalah di kehidupan kita sehari-hari yang sudah menjadi budaya di hidup kita.

IBD juga bukan merupakan ilmu filsafat, atau bahkan ilmu sastra, tetapi IBD hanya memberikan dasar-dasar yang cukup kuat untuk mencari hubungan antara segala segi kebudayaan dalam hubungan usaha yang terus mencari kebenaran, keindahan, kebebasan dalam berbagai bentuk, serta hubungannya dengan alam semesta, Tuhannya, masyarakatnya dan juga penemuan dirinya sendiri.

III. Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Secara khusus tujuan mempelajari Ilmu Budaya Dasar adalah :

  1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serat tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
  2. Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain.
  3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan.
  4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta dalam meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiahnya dan secara bersama-sama berpersan serta didalam pelestariannya.

IV. Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

Ruang Lingkup kajian mata kuliah IBD, yaitu :

  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities) dari berbagai bidang.
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.

Dan IBD juga memliki pokok-pokok yang dikembangkan untuk menilik dari pokok-pokok masalah yang bisa dikaji pada mata kuliah Ilmu Budaya Dasar(IBD) untuk dapat berhubungan dengan sang pencipta, sesama manusia, serta dirinya sendiri. Seperti :

  1. Manusia dan Kebudayaan
  2. Manusia dan Cinta Kasih
  3. Manusia dan Penderitaan
  4. Manusia dan Keindahan
  5. Manusia dan Keadilan
  6. Manusia dan Pandangan Hidup
  7. Manusia dan Tanggungjawab serta Pengabdian
  8. Manusia dan Kegelisahan
  9. Manusia dan Harapan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s