Human Society

Society atau masyarakat adalah istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu perkumpulan dan suatu komunitas di suatu tempat yang sama. didunia ini banyak sekali orang-orang saling berkumpul di suatu tempat tertentu. dengan misi dan tujuan yang sama mereka bersatu. karena itulah pasti ada suatu kumpulan atau komunitas. karena mempunyai tujuan, visi dan misi yang sama.

Menurut Wikipedia.com society berarti :

Society or human society is the manner or condition in which the members of a community live together for their mutual benefit.

human society adalah gaya atau kondisi dimana para anggota dari sebuah komunitas yang hidup bersama untuk saling berkomunikasi dan menjalin komunitas satu sama lain.

dapat kita lihat di gambar ini human society sudah ada sejak abad dinasty song dari cina.

Kenapa ada Komunitas?

yah.. karena ada manusia, dan masalah. dengan kesamaan tujuan,visi dan misi tentang masalah yang dihadapi, dengan demikian komunitas dapat terbentuk. akan tetapi dalam komunitas itu sendiri, mempunyai kelebihan dan kekurangannya. yah mungkin…memang dengan adanya komunitas yang terdiri dari banyaknya anggotanya akan menjadikan komunitas itu menjadi kuat. dan mungkin saja untuk survive handling problem akan lebih mudah. tapi coba kita bayangkan jika dalam suatu komunitas yang memiliki beberapa anggota saja sedangkan problem > anggota masyarakat, maka kemungkinan besar masalah tidak akan dapat diselesaikan dengan baik.

misal kita ambil sample komunitas OSS(Open Source Software) jika tidak ada komunitas ini, mungkin para programmer tidak akan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri tentang pemrograman itu sendiri. dengan adanya komunitas JUG(misalnya) bisa sharing diantara programmer satu dengan lainnya.

Apa hubungannya Komunitas dengan Masyarakat ?

dengan adanya komunitas bisa dibentuk sebuah masyarakat yang memiliki peradaban manusia yang semakin berkembang. misalnya, seorang didesa pergi kekota dan bertemu masyarakat atau komunitas di kota. semula seorang yang dari desa itu hanya mempunyai kemampuan bertani/berladang misalnya. dengan adanya pertemuan untuk komunitas tersebut, seorang dari desa tersebut bisa bertanya kepada komunitas tersebut tentang ilmu perikanan misalnya, atau bahkan ilmu pertambangan. sehingga skill atau kemampuan yang dimiliki menjadi lebih luas lagi tidak terbatas pada ilmu tentang cara bertani/berladang.

Jenis-jenis Masyarakat

  • Berdasarkan Lokasi/Tempat Berada

berdasarkan lokasi / tempat tinggal masyarakat dibedakan menjadi :

1. Masyarakat Kota

Masyarakat Kota merupakan suatu komunitas manusia atau masyarakat yang hidup di perkotaan. biasanya masyarakat kota lebih bersifat individualisme.

2. Masyarakat Desa

Masyarakat Desa merupakan suatu masyarakat yang hidup di desa. mereka lebih megutamakan kekeluargaan dan kebersamaan.

  • Berdasarkan Pola Kehidupan

1. Masyarakat Modern : masyarakat yang dapat mengikuti zaman atau perkembangan zaman.  misal zaman sekarang ini, telah ada yang namanya mesin cuci dengan begitu masyarakat modern akan selalu menggunakan apa yang menjadi tren modern saat itu. hal ini digunakan untuk memudahkan kerja atau pekerjaannya.

2. Masyarakat Tradisional : masyarakat tradisional umumnya bagi mereka yang merasa ke-modern-an itu adalah hal yang menyulitkan. misal masyarakat modern telah menggunakan kompor atau bahkan kompor gas untuk memasak. sedangkan masyarakat tradisional masih memasak dengan menggunakan tungku kayu.

-Dhendaz-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s